Islam Di India Dan Pakistan

ISLAM DI INDIA


Islam masuk ke India abad ke-3 H melalui jalur perdagangan. Disamping itu, Islam masuk ke India juga melewati jalur politik. Kemudian sejarahwan muslim Ibnu Batuta menjelaskan bahwa untuk memotivasi perkembangan Islam pada masa itu, Dinasti Khiljia memberi kesempatan bagi orang muallaf untuk bertemu dengan Sultan untuk menerima hadiah. Setelah itu, Islam di sana tetap melakukan kegiatan-kegiatan di berbagai bidang, yakni mendirikan sekolah-sekolah sampai Perguruan Tinggi.

ISLAM DI PAKISTAN

Negara Republik Pakistan 97% penduduknya beragama Islam. Islam masuk di Pakistan dibawa oleh Walid bin Abdul Malik, khalifah keenam daru dinasti Bani Umayyah yang memegang tampuk kepemimpinan Islam. Pada waktu itu, wilayah Sind diperintah oleh keluarga Brahmana yang membuat rakyatnya merasa menderita karena sikapnya tidak adil. Penderitaan rakyat yang tidak kunjung membaik, menjadikan rakyat memohon bantuan kepada Kholifah Khalid Bin Abdul Malik di Damaskus, yang akhirnya dikirim tentara perang yang dipimpin oleh Muhammad bin Qosim ke Sind. Terjadilah peperangan dan Islam menang. Muhammad bin Qosim menjadi penguasa di Sind. Kemudian rakyar Sind merasa senang karena mendapat hak-haknya, baik hal agama, sosial dan ekonomi. Ketika Muhammad bin Qosim dipanggil Kholifah di Damaskus dan kedudukan Qosim diganti orang lain. Pada waktu itu, kaum bangsawan Hindu memberontak karena tidak diperlakukan dengan adil.
Kemudian berakhirlah Dinasti Umayyah dan diganti oleh Dinasti Bani Abasiyah. Dan Khalifah Abas Assafah mengirim pasukan perang ke Sind untuk mengganti penguasa dari Bani Umayyah. Khalifah Al Mansur (kholifah kedua dari Bani Abasiyah) mengirim ekspedisi militer ke Sind dan mendirikan kota Mansuroh sebagai markasnya. Khalifah Al Makmun memberi kesempatan orang-orang Arab untuk pindah ke Sind dan membuat pemukiman perantauan. Pada akhirnya, banyak orang atau penduduk aslinya masuk Islam. Lalu umat Islam Pakistan berupaya syiar Islam dengan cara berdakwah, baik di wilayah sendiri maupun luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar