Pengertian Daftar Riwayat Hidup


Daftar riwayat hidup adalah daftar yang memuat keterangan tentang diri pelamar. Apabila pihak perusahaan ingin mengetahui tentang diri pelamar, maka Daftar riwayat hidup ini dapat membantu. Jadi, fungsi Daftar Riwayat Hidup adalah untuk memudahkan bagian personalia mengetahui secara singkat data penting diri pelamar. Daftar riwayat hidup disertakan dalam penulisan tulisan lamaran pekerjaan sebagai lampiran.
Hal-hal yang perlu dimasukkan ke dalam Daftar Riwayat Hidup adalah data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, dan informasi lain. Perinciannya adalah sebagai berikut :
(1)   Data Pribadi
Data pribadi ini mencakup nama, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, kewarganegaraan dan agama. Bila diperlukan, dapat pula diinformasikan tentang tinggi dan berat badan atau infomasi lain yang berkaitan dengan kondisi pribadi.
(2)   Pendidikan
Poin pendidikan ini berisi tentang pendidikan formal dan informal. Pendidikan formal disini adalah pendidikan yang telah ditempuh mulai dari pendidikan dasar sampai dengan jenjang pendidikan terakhir. Infomasi pendidikan ini ditulis lengkap dengan tahu, nama, dan alamat sekolahnya.
(3)   Pengalaman Kerja
Bagian ini berisi keterangan tentang pengalaman kerja, yaitn tentang jenis pekerjaan atau perusahaan tempat bekerja, dan lamanya waktu pengalaman kerja.
(4)   Informasi lain seperti hobi dan prestasi.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis Daftar Riwayat Hidup, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1.             Tulisan baik, jelas, rapi dan mudah dibaca.
  2.         Data-data yang diberikan adalah data yang sebenar-benarnya dan dapat dipercaya.
  3.       Rumusan kalimat dibuat ringkas dan jelas.
  4.       Menekankan fakta-fakta pelatihan dan prestasi yang mendukung sarana bidang pekerjaan termasuk kegiatan mengikuti kursus dan seminar.


2 komentar:

  1. kalo boleh tahu sumbernya darimana ya?

    BalasHapus
  2. contoh daftar riwayat hidup perlu banget nih buat lamaran kerja, sangat bermanfaat. thank you gans.

    BalasHapus